Inilah Keistimewaan Ganjaran Membaca Al Quran

Salah satu keistimewaan Alquran yakni diberi pahala bagi orang yang membacanya.

Ibnu Mas’ud berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,

“Siapa yang membaca satu huruf dari Kitab Allah (Alquran ), dia akan menerima satu kebaikan yang nilainya sama dengan 10 kali ganjaran (pahala). Saya tak mengatakan alif lam mim itu satu huruf, namun alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (HR Tirmidzi).

Hadis dari Ibnu Mas’ud ini diperkuat dengan hadis serupa dari Abi Sa’id.

Rasulullah SAW memerintahkan kita mengkhatamkan (memecahkan bacaan) Alquran paling pesat dalam waktu tiga hari dan paling lambat satu bulan (30 hari). Jikalau kita mengambil yang paling lambat, ialah khatam dalam waktu satu bulan, berarti kita seharusnya membacanya satu hari minimal satu juz. Satu juz kurang lebih terdiri atas 20 halaman. Sekiranya 20 halaman hal yang demikian kita bagi lima, tiap-tiap berakhir sholat fardhu kita cukup membaca empat halaman.

Membaca Alquran seharusnya dilaksanakan dengan tartil, pelan-lahan, dan layak dengan ilmu tajwid.

Ibnu Mas’ud berkata, “Janganlah kalian membaca Alquran dengan benar-benar pelan seperti memungut buah kurma satu demi satu dan jangan pula membacanya dengan benar-benar pesat seperti membaca syair. Melainkan, berhentilah pada keajaiban-keajaibannya dan resapilah dalam hati. Hendaklah perhatian kalian tak terkonsentrasi pada akhir surat.”

Menurut pengalaman selama ini, membaca satu juz Alquran dengan tartil rata-rata memerlukan waktu 30 menit. Ini berarti tiap-tiap selesai sholat fardhu kita cukup menyisihkan waktu enam menit untuk membaca Alquran supaya kita dapat mengkhatamkannya satu kali dalam satu bulan.

Marilah kita hitung berapa kebaikan yang akan kita dapatkan kalau kita membaca Alquran tiap-tiap selesai sholat fardhu. Tiap-tiap halaman Alquran rata-rata terdiri atas 15 baris bacaan. Tiap-tiap baris bacaan rata-rata terdiri atas 35 huruf. Sekiranya satu huruf dibalas dengan 10 pahala kebaikan dan kalau membaca satu halaman Alquran; kita akan memperoleh 5.250 pahala. Satu juz memperoleh 105 ribu pahala. Sekiranya satu bulan khatam, kita akan memperoleh 3.150.000 pahala kebaikan.

Sekiranya tiap-tiap selesai sholat lima waktu kita mencicil membaca Alquran minimal empat halaman-seimbang dengan enam menit-enam menit waktu yang kita sisihkan, bisa juga dengan memanggil guru ngaji privat hal yang demikian akan dibalas dengan 21 ribu pahala kebaikan. Subhanallah. Tentu saja ini balasan minimal dari Allah SWT. Dalam Alquran, diceritakan bahwa Allah SWT akan membalas tiap-tiap amal kebaikan tanpa batas layak dengan kehendak Allah SWT.

Berapakah poin satu ganjaran pahala di sisi Allah?

Wallahu a’lam, tentu jauh lebih besar dari semua yang kita miliki di dunia.

Sapitri Millatunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *