Langkah-langkah menulis sinopsis

Apa itu Sinopsis? Pengertian Sinopsis (Synopsis) adalah ringkasan atau garis besar dari sebuah naskah yang ditulis guna menggambarkan isi / pesan yang ingin disampaikan dalam suatu film atau pementasan secara jelsa, singkat dan padat. Fungsi dari sinopsis sendiri adalah sebagai gambaran ringkas dari isi naskah yang memberikan gambaran secara cepat mengenai isi naskah tersebut, baik Sebagai pembuka atau prolog maupunn epilog dari naskah yang akan ditampilkan / dipentaskan.

Memungkinkan gambaran jelas secara nyata dan sederhana tentang urutan cerita dalam naskah.
Sinopsis biasa digunakan untuk prolog (pembuka) untuk sebuah naskah baik itu naskah yang pendek maupun naskah panjang guna suatu pemetasan film ataupun teater panggung. Sinopsis akan memudahkan kita dalam mengetahui atauu memahami secara lebih ringkaas di bagian awal suatu naskah tersebut.

Di samping sinopsis film untuk suatu pementasan di atas, ada pun sinopsis lainnya, yakni salah satunya adalaah sinopsis novel.  Sinopsis novel ialah ringkasan kisah novel. Ringkasan novel ialah bentuk pemendekan dari suatu novel dengan tetap menyimak unsur-unsur intrinsik novel tersebut. menciptakan Sinopsis adalah suatu teknik yang efektif guna menyajikan karangan (novel) yang panjang dalam format yang singkat. Dalam sinopsis, gaya bahasa adalah suatu keindahan, ilustrasi, serta penjelasan-penjelasan umum dihilangkan, namun tetap menjaga isi dan usulan umum pegarangnya.Sinopsis seringkali dibatasi oleh jumlah halaman, contohnya dua atau tiga halaman, seperlima atau sepersepuluh dari panjang karangan asli.

Langkah-langkah menciptakan sinopsis

Sebelum menciptakan sinopsis, menyimak naskah asli mula-mula untuk memahami kesan, substansi dan hakikat umum penulis.
Mencatat usulan utama dengan menggaris bawahi usulan – usulan yang penting.
Menulis ringkasan menurut gagasan-gagasan utama sebagaimana disalin pada tahapan ke dua. Gunakan kalimat yang padat, efektif, dan unik untuk menyusun jalan kisah menjadi suatu karangan singkat yang mencerminkan karangan asli.
Dialog dan juga monolog tokoh lumayan untuk ditulis isi atau ditelusuri secara garis besarnya saja.
Ringkasan atau sinopsis novel tidak boleh membias dari jalan kisah dan isi dari borongan novel. (Sumber www.karangken.com)

Maryati Syarifah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *